HP TERBARU DAN CANGGIH

Senin, 18 Maret 2013

TO' CANE PENDIRI DESA TEKARANG

Di desa Tekarang, ada 3 tempat yang dianggap punya nilai sejarah tinggi, yakni  Makam To' Cane pendiri Desa Tekarang, Makam Keramat To' Nurdin, Seorang Ulama Besar dan masjid Jami'  Al Falah.
Untuk Makam Keramat To' Nurdin dan Masjid Al falah sudah pernah di bahas pada postingan terdahulu. Untuk membacanya silahkan lihat di sini

 Bagi warga Desa Tekarang, Nama To' Cane sangat dikenal karena beliau adalah orang yang pertama kali membuka desa Tekarang. Tidak ada yang tahu pasti kapan Beliau datang, diperkirakan sekitar tahun 1700-an. Menurut keterangan dari warga Desa Tekarang, yang juga merupakan keturunan dari Beliau, To' Cane berasal dari Sulawesi Selatan, ada  juga yang mengatakan dari Gorontalo.Ketidak tahuan ini disebabkan karena tidak ada catatan histori (sejarah), yang ada hanyalah cerita dari mulut ke mulut ,dari generasi ke generasi. Tapi yang jelas adalah keberadaan To' Cane memang ada, dibuktikan dengan adanya makam beliau yang terletak di Dusun tersebut serta warga Dusun Pipit Teja  yang hampir semuanya merupakan keturunan dari Beliau.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar